jump to navigation

Rangkuman Materi IPA kelas 5 semester 2 Februari 4, 2010

Posted by handikomara in Rangkuman Pelajaran Kelas 5 SD.
trackback

A.Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
1.Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
a.Pengertian Gaya Gravitasi
Gaya Gravitasi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang ada di alam semesta. Jika tidak ada gaya gravitasi di Bumi ini, maka semua benda akan melayang-layang di udara.
b.Pengertian Gaya Gesek
Gaya Gesek adalah gaya yang menimbulkan hambatan ketika dua permukaan saling bersentuhan.
Keuntungan dan kerugian gaya gesek:
1)Keuntungan gaya gesek
a)Membantu benda bergerak tanpa tergelincir
b)Menghentikan benda yang sedang bergerak
2)Kerugian gaya gesek
a)Menghambat gerakan
b)Menyebabkan aus
Memperbesar dan memperkecil gaya gesek:
1)Contoh memperbesar gaya gesek:
Memasang pul pada sepatu sepak bola, agar dapat digunakan pada lapangan rumput,
Pembuatan alur-alur pada ban kendaraan,
Pemasangan rem pada roda kendaraan, dll.
2)Contoh memperkecil gaya gesek:
Memberikan pelumas pada rantai kendaraan,
Memasang roda pada gerobak,
Memasang kayu gelondongan di bawah benda, agar dapat bergerak dengan lebih lancar, dll.
c.Pengertian Gaya Magnet
1)Benda Magnetis dan Non-magnetis
Benda magnetis adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet, misalnya: besi, baja, aluminium, dll.
Benda Non-magnetis adalah benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet, misalnya: plastik, kayu, kaca, kain, karet, dll.
2)Menunjukkan kekuatan gaya magnet
a)Garis gaya magnet
Kekuatan gaya magnet tidak merata di seluruh bagiannya, tapi kekuatan yang paling besar terdapat pada bagian kutub-kutubnya, baik kutub selatan maupun utara.
b)Pengaruh jarak benda magnetis terhadap kekuatan gaya magnet
Semakin jauh jarak benda magnetis dengan magnet, maka semakin kecil kekuatan magnet untuk menarik benda tersebut.
c)Kutub senama dan kutub tidak senama pada magnet
Kutub senama: saling menolak
Kutub tidak senama: saling menarik
3)Penggunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari
Contoh penggunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari:
a)Magnet pada pintu lemari pendingin agar pintu tertutup rapat,
b)Ujung gunting dan ujung obeng untuk memudahkannya mengambil benda-benda logam kecil, seperti jarum, baut, sekrup, dll.
c)Bel listrik untuk menggerakkan pemukul belnya,
d)Papan catur agar pion-pionnya tidak mudah terjatuh,
e)Kompas, sebagai penunjuk arah utara dan selatan,
f)Dinamo sepeda untuk menyalakan lampu sepeda,
g)Alat pengangkut benda-benda logam berat, dll.
4)Membuat magnet
a)Induksi
Caranya: menempelkan benda-benda magnetis dengan magnet alami.
b)Gosok
Caranya: menggosokkan magnet dengan searah ke atas permukaan besi atau baja.
c)Aliran listrik
Caranya: mengalirkan listrik searah ke dalam suatu penghantar. Magnet yang dihasilkan disebut elektromagnetik. Elektromagnetik pertama kali ditemukan oleh Hans Christian Oerstead pada tahun 1819.
Contoh pembuatannya:
Paku dililit kawat sebanyak mungkin.
Sambungkan kedua ujung kumparan pada masing-masing ujung baterai.
Dekatkan paku besar tadi ke arah benda-benda magnetis kecil.
2.Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
B.Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
1.Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
2.Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
C.Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
1.Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
2.Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
3.Mendeskripsikan struktur bumi
4.Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
5.Mendeskripsikan perlunya penghematan air
6.Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
7.Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb.)

About these ads

Komentar»

1. queen-bee - Januari 12, 2011

terima kasih mas ^^

2. handikomara - September 22, 2011

Sama-sama, thanks udah singgah…

3. dea auliya - Oktober 1, 2011

bagus materi nya ..

4. Sarah Camela Fadlillah - Desember 22, 2011

hebat rangkumannya

Rivaldi Naxx Sdnp - Januari 4, 2012

makasih mas rangkumanya bagus

5. ida aisyah - Januari 7, 2012

lumayan, baik menambah pengetahuan siswa. klu bisa dikembangkan lagi.

handikomara - Januari 7, 2012

Oke, makasi kunjungannya…

aisyah risdalia - Januari 27, 2013

bener itu

6. ceca - Januari 8, 2012

thanks ak jd siap buat msk besok

handikomara - Januari 13, 2012

Thank kunjungannya…

7. arafah - Januari 15, 2012

terima kasih atas rangkumannya namur agak lier

handikomara - Januari 16, 2012

Lieur sbelah mananya?

8. arafah - Januari 15, 2012

terima kasih atas rangkumannya namun susah di baca soalnya pusing

handikomara - Januari 16, 2012

Mf kekurangannya. Mw bantu?

9. Febe Jasmine - Januari 17, 2012

terima kasih.atas rangkumannya aku jadi tertarik nich.

10. angelina - Januari 23, 2012

bantuin gw dong

11. angelina - Januari 23, 2012

soalnya susah banget

12. angelina - Januari 23, 2012

mau

13. Sekar Sari - Januari 29, 2012

terima kasih mas aq jd sp sekolah bsk!,soalnya besok ada ulangan

handikomara - Januari 30, 2012

Ok, makasih dah berkunjung…

handikomara - Februari 12, 2012

smoga, ulangannya sukses.

14. salsabila dewayanti - Februari 7, 2012

terima kasih,karena sudah membuatkan rangkuman yang penting buat aku.sekarang aku sudah banyak punya ilmu.

handikomara - Februari 7, 2012

Ilmunya bagi2 kita dong disini.

15. israni jestie - Februari 23, 2012

matanya sakit!!!!!

16. israni jestie - Februari 23, 2012

tapi di pelajaran ada jadi klu ulangan jadi gak pusing mikir,,,,,,,,,

17. israni jestie - Februari 23, 2012

kick ajjah lebih seru loh???????????

18. sbdkkdkk - April 4, 2012

ulangan ipa menantiku tapi aku harus bisa! semoga materi ini bisa membuatku mendapatkan nilai tinggi :D

handikomara - April 4, 2012

Kamu pasti bisa…semangat!

19. syaidah yulailin - April 4, 2012

kata bu guru : ojo lali seng jenenge moco ……………………..

20. Roihan - April 4, 2012

Makasih.. sangat membantu ‘tuk bljar.

21. Mazkurina Sekar Fatmawati - April 4, 2012

Terima Kasih atas rangkumannya…
Jadi enak belajarku deh…!!

*I LIKE THIS*

22. breliana - April 17, 2012

thank’s ya…i love it…

23. Faizal Tr. - April 20, 2012

Trimakasih. *I LIKE THIS* Tapi menurut saya ,rangkumannya agak kurang lengkap.

carla gohana - April 24, 2012

trimakasih atas rangkumannya yyyyyy

handikomara - November 4, 2012

Makasih, memang saya copas ngasal aja dari rangkuman pribadi. Jadi, pasti ada kekurangannya, kalo bisa tambahin dong…

24. qira ygimoetttttt - April 22, 2012

wahhhhaq suuka nih ama rangkummaaaaaaaaaaaaaanny thanks

25. yonas - April 25, 2012

bagus sih cuma bisa nga ya dibuat dalam bentuk lampiran jadi mudah waktu di copy

26. Alia Madha Anis Fitria - Mei 7, 2012

terima kasih atas rangkumannya.
Namun saya kurang tau,sebenarnya gaya itu apa?

27. hafizshania grandis - Juni 13, 2012

rangkumannya bagus

28. hasrul cinday - Juli 18, 2012

pljran kuliah jga kluar niech

29. SUWANDI86 (@SUWANDI861) - September 2, 2012

untuk semester 1 sudah trsedia apa belum,..? trima kasih

30. anisa - Oktober 31, 2012

semoga keluar semua

31. tony - November 2, 2012

tambah pengetahuan dan menjadi pintar orang *_* hi…hi…hi

pemberantas kekerasan dan korupsi indonesia - Maret 7, 2013

0k

32. biebeh - Desember 17, 2012

makasih rangkumannya , rangkumannya lengkap

33. erlita andryany - Januari 10, 2013

thankz yha rangkumannya,..

34. Fadel SMP 13 Makassar - Januari 13, 2013

Hanya pelajaran IPA aku tertarik……. Dan hanya orng pilhan yg memahaminya

35. anjar - Januari 14, 2013

kurang paham aq

36. constans - Januari 17, 2013

tolong penulisannya lebih diatur lagi,kl bisa point2 penting jgn pake angka(kebanyakan angka,jd pusing),btw trimakasih ya sangat membantu skali :)

37. Marskal Dhea Trisna (@DheaTrisna) - Januari 20, 2013

Bagusssss….. untuk acuan di rumah…

handikomara - April 10, 2013

Makasih Dhea.

38. Marskal Dhea Trisna (@DheaTrisna) - Januari 20, 2013

SIPPP…. MANTAP

39. Stephanie SD Santo Yoseph Medan VC - Februari 7, 2013

Thank you. Berkat rangkuman ini nilai IPA ku 100

handikomara - April 10, 2013

Wah hebat! Selamat ya. Trims sudah berkunjung Stephanie.

40. william - Februari 18, 2013

wow

41. pemberantas kekerasan dan korupsi indonesia - Maret 7, 2013

KsKAan ,…Trmz LHoow Eaw …

42. mutiara rengganis - Maret 14, 2013

ko punya aku gak ada???*(;

WOW!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

43. @CITRA - Maret 16, 2013

bgs bgt lengkap bgt

44. mastara - Maret 24, 2013

Mantap, Terima kasih ya untuk rangkumannya. Mastara.

handikomara - April 10, 2013

Makasih juga sudah berkunjung, Mastara.

45. Agifari Ahmad - April 1, 2013

######I LIKE THIS######

46. Agifari Ahmad - April 1, 2013

LGKP BNGET
PENULIS NYA kIr@KiRaS! A pA Nih

handikomara - April 10, 2013

Akan lebih lengkap lagi kalo Agifari juga menambahi materinya. Makasih kunjungannya ya.

47. Hueda - April 10, 2013

iih bagues banGet nieh buat beLajar makasih ya ,,,,,,,,,,, :D

handikomara - April 10, 2013

Makasih Hueda.

48. Pengertian GAYA, GERAK, DAN ENERGI | Resti Susanti - Juni 6, 2013

[…] sumber […]

49. karina fansbe killer bee - Juni 10, 2013

keren coooyyy rangkumannya thanxs yaa bwt bsk ukk

50. febrila sucia - Juni 13, 2013

rangkumannya lengkap banget deh

51. REHRTHRH - Agustus 25, 2013

HUHUY

52. Angelica soo young - November 13, 2013

Bagus sekali itu sangat membantu saya Dan memberikan pengetahuan yang cukup sekali Shi Shi Mitakoto Ikuna


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: